MOU PEMERINTAH KOTA MALANG DENGAN AREMA MEDIA GROUP

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pengembangan kapasitas jalan dapat mengakibatkan beberapa permasalahan seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga perlu adanya pengendalianย  lalu lintas.

Sebagai bentuk pengendalian lalu lintas, Dinas Perhubungan Kota Malang telah mempunyai Command Center Room Area Traffic Control System (ATCS) yang terkoneksi dengan 20 titik persimpangan jalan di Kota Malang yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengendalian arus lalu lintas dan kinerja jaringan jalanย  di Kota Malang.

Untuk menunjang pelayanan penyampaian informasi terkait kondisi arus lalu lintas di Kota Malang, Senin, 02 Sepetember 2019, Pemerintah Kota Malang telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MOU) dengan PT. Andhalus Lugas Swara dan PT. Arema Televisi Malang tentang Program Pemantauan Kondisi Arus Lalu Lintas melalui siaran radio dan televisi.

 

“Program ini akan memberikan banyak keuntungan. Keuntungan bagi Dinas Perhubungan adalah dapat mengurangi SDM yang akan mengatur lalu lintas di jalan raya karena dapat langsung mengontrol dari CC-Room ATCS, dan keuntungan bagi masyarakat adalah masyarakat akan mengetahui mana jalur yang mengalami kemacetan dan yang tidak sehingga dapat mengambil keputusan cepat dalam melakukan perjalanan” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Dr. Handi Priyanto, AP, M.Si.

Harapan dari Dinas Perhubungan adalah agar masyarakat dapat mengantisipasi jalur mana yang akan diambil sehingga tidak menambah kemacetan. Program ini juga termasuk salah satu bentuk rekayasa lalu lintas yang mengikutsertakan peran aktif masyarakat.